Tahun baru, semangat baru, resolusi baru! Apa kamu termasuk yang selalu punya resolusi buat dicapai setiap tahun baru? Lihat lagi, yuk, apa resolusimu ‘terjangkit’ false-hope syndrome? False-hope syndrome bisa bikin kecewa, frustrasi, merasa gagal, dan sekian perasaan nggak menyenangkan lainnya ketika pada akhirnya apa yang dijadikan resolusi nggak membuahkan hasil. Lebih lanjutnya bisa kamu simak…

Mulai dari pelajar, pekerja kantoran, sampai ibu rumah tangga, semua pasti pernah mengalami yang namanya stres. Belum lagi cemas soal ini-itu. Penyebab stres sama cemasnya pun bukan yang sehari-dua hari pergi, melainkan justru hal-hal yang mungkin udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Makanya, setiap orang perlu punya trik-trik gampang yang bisa dilakukan buat mengatasi stres…

Liburan bisa bikin stres? Bukannya seharusnya liburan jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu banyak orang, karena liburan berarti istirahat ataupun bersenang-senang sesuka hati? Sayangnya, ada beberapa hal yang justru bikin liburan jadi pemicu stres, nih. Kalau nggak pandai-pandai mengaturnya, liburan yang seharusnya bantu kamu healing dari hari-hari yang berat, malah jadi sebaliknya. Jadi apa aja yang…

Kesehatan fisik atau psikis, mana yang harus didahulukan? Psikologi kesehatan (health psychology) punya penjelasannya, nih. Baik kesehatan fisik maupun psikis, keduanya saling berhubungan bahkan sampai ke hal yang vital yaitu penyakit kronis. Lebih lanjutnya, kepoin uraian berikut ini, yuk! Penyakit menurut Psikologi Kesehatan Hubungan antara pikiran (mind) dan badan (body) merupakan bahasan inti dari psikologi…

Teknologi memang memberi kemudahan buat berbagai aspek kehidupan, nggak terkecuali media sosial. Sekarang ini, orang nggak perlu bertemu langsung buat saling mengenal dan berinteraksi. Media sosial mampu bikin hubungan yang awalnya cuma dijalin secara virtual jadi hubungan yang benar-benar nyata. Sayangnya, media sosial nggak luput dari hal negatif. Pernah, nggak, terlintas di pikiran kamu kalau…

Kamu tahu dark jokes? Menurutmu, kenapa dark jokes bisa terasa lucu? Terus, sehat nggak, sih, kalau kita sering mentertawakan humor ‘gelap’ ini? Berikut ini sedikit soal dark jokes dan benign violation yang menjelaskan gimana hal-hal ‘yang nggak seharusnya’ justru bisa terasa lucu. Ada pula kaitannya sama kesehatan mental, lho! Baca ulasan di bawah, ya! Dark…

‘INFJ omongannya pedes kalau marah!’ ‘INFP empati banget orangnya, sampe suka lupa sama diri sendiri.’ Tes MBTI jadi salah satu acuan jenis kepribadian yang paling populer belakangan ini. ‘Review MBTI’ cukup sering wara-wiri di media sosial buat iseng-iseng menjabarkan gimana si ENFP, INTJ, ISFP, ENTP, dan tipe-tipe kepribadian MBTI lainnya berperilaku sehari-hari berdasarkan pengalaman pribadi.…

Nggak setiap situasi genting seperti kecelakaan langsung memungkinkan korban mendapat pertolongan dari profesional. Sebelum itu, orang-orang terdekat dari yang membutuhkan pertolongan perlu mengetahui cara-cara buat memberi pertolongan pertama. Kalau di kesehatan ada yang dinamakan P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan), maka khusus untuk kondisi psikologis, ada yang dinamakan PFA (psychological first aid) atau pertolongan psikologis pertama.…

Kamu mungkin udah familiar sama yang namanya trauma, tapi tahu nggak, kalau trauma juga bisa dimiliki seseorang tanpa harus secara langsung mengalami peristiwa penyebabnya, kalau mental health issue bisa ‘diwariskan’? Bagai rantai dan juga lingkaran nggak berkesudahan, masalah kesehatan mental bisa turut dirasakan sama generasi-generasi penerus dari mereka yang mengalami kejadian traumatis lewat beragam cara.…

Kira-kira berapa kali kamu pernah bohong lewat chat buat menghindari sesuatu? Bilang ‘Otw, nih!’ saat sebenarnya kamu baru aja bangun dari atas kasur, atau bilang ‘Maaf, tadi ketiduran!’ saat sebenarnya kamu lagi nggak mau ikut rapat online. Ada istilah buat kebohongan kayak gini, lho! Yaitu, butler lie—kebohongan si kepala pelayan. Lebih lengkapnya bisa disimak di…