Pekerjaan atau tugas sehari-hari nggak jarang menimbulkan stres. Di luar itu, masih banyak juga hal-hal lain yang mungkin bikin kamu merasakan emosi-emosi tertentu seperti marah, sedih, dan sebagainya. Perasaan-perasaan itu tentunya nggak nyaman kalau dibiarkan bersarang terus-terusan. Bikin frustrasi; gimana, sih, cara ngeluapinnya? Kalau kamu masih menumpuk setiap emosi negatif yang kamu rasakan tanpa tahu…

Sebagai manusia, tentunya nggak hanya sifat dan kepribadian baik nan positif aja yang dimiliki. Nggak bisa dipungkiri, manusia bisa aja punya sisi gelap dalam dirinya. Perbedaannya ada pada apakah sisi gelap tersebut mendominasi dan muncul sebagai perilaku di keseharian atau nggak. Narsisme, Machiavellianisme, psikopati, dan sadisme adalah trait kepribadian gelap yang bisa dimiliki manusia. Beberapa…

“Kenapa sih perempuan itu cerewet banget?” “Kenapa sih laki-laki itu cepet move-on?” “Sebenarnya bisa nggak ya laki-laki itu lebih pintar dari perempuan?” Banyak kejadian yang kita temui tentang perbedaan perilaku atau kecerdasan pada laki-laki dan perempuan. Namun, apakah kalian sadar bahwa secara ilmiah perbedaan ini berasal dari bagian tubuh kita yang tersembunyi di dalam kepala,…

Menjadi produktif sehari-harinya nggak selalu memberikan rasa puas. Ada kalanya di mana seproduktif apapun kita hari itu, rasanya masih belum cukup karena belum mencapai ekspektasi. Udah ngerjain ini-itu, masih terasa kurang juga. Apalagi karena pandemi COVID-19 memaksa banyak aktivitas untuk bisa dilakukan dari rumah, ada aja perasaan; seharusnya aku bisa melakukan lebih dari ini karena…

Di antara sekumpulan orang, nyaris bisa dipastikan ada penyuka drama Korea di antaranya. Terutama, genre romansa cinta, salah satu genre yang jago banget digarap dan disuguhkan dalam rupa drama serial oleh Negeri Ginseng ini. Didukung visual sekaligus kemampuan akting para pemeran drama Korea yang nggak kaleng-kaleng, para penonton dibuat kian hanyut saat menontonnya. Nggak sedikit…

Bukan hal aneh melihat penggemar begitu berdedikasi untuk idolanya, dari mulai berkorban waktu, materi, hingga mungkin perasaan. Sayangnya, ada juga penggemar yang sampai terobsesi dengan sosok sang idola. Cukup banyak ditemukan kasus di mana penggemar bisa mengikuti kemanapun idolanya pergi, tidak suka idolanya bersanding dengan orang lain, merasa tidak bisa hidup tanpa sang idola, atau…

Ada kalanya diri ini merasa sulit mengendalikan keinginan dari dalam. Apa kamu pernah merasakannya? Sulit menahan diri agar tidak makan terlalu banyak meski ingin, sulit mengendalikan amarah meski rasanya hati sudah terbakar emosi, sulit menolak keinginan untuk terus berleha-leha saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya, hingga macam-macam sulit yang lain. Tapi pada akhirnya, sesulit apapun semua itu,…

Sering kali hal-hal yang agaknya menjengkelkan terjadi di keseharian. Melihat orang lain bersikap menyebalkan, rasanya amarah sudah mau meluap. Atau, saat rencana berjalan tidak sesuai bahkan jauh dari apa yang ditargetkan, lagi-lagi muncul rasa marah dan dorongan untuk melampiaskannya. Itu semua normal, tentu. Marah juga merupakan bagian dari emosi manusia. Tapi, perlu diperhatikan kalau-kalau suatu…

Tidak seorangpun manusia di muka bumi ini yang luput dari rasa takut. Baik kamu maupun aku pasti pernah mengalaminya. Bisa takut pada sesuatu yang spesifik, takut kehilangan seseorang, atau takut dengan kegagalan dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan kamu? Rasa takut apa yang kerap menerjang batinmu? Tahukah kamu sebenarnya rasa takut itu bisa kita atasi…

Sudahkah kamu bersyukur?

January 1, 2021 0

Tidak terasa akhirnya kita melewati begitu banyak lika-liku di tahun 2020. Hari ini menjadi lembaran baru untuk memulai semuanya kembali. Nah, sebelum memulai semua rencanamu kedepannya, coba tanyakan pada dirimu “sudahkah aku bersyukur?” Misalnya kamu bersyukur walaupun keadaan pandemi justru memiliki banyak waktu bersama dengan keluarga. Bersyukur tidak harus muncul dari peristiwa-peristiwa besar, tetapi peristiwa…