Siapa bilang cuma akun media sosial atau bank yang bisa di-hack? Ternyata, bahkan manusia pun bisa ‘di-hack’. Kalau kamu pernah dengar ada orang yang tertipu investasi bodong karena tergiur keuntungan besar saat lagi butuh-butuhnya (misalnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga), itulah contoh dari human hacking. Data pribadi diambil, pun uang yang dimiliki. Pelaku penipuan seperti ini…

Sering nggak, sih, ngelihat orang-orang menyombongkan kekayaannya terang-terangan atau secara nggak langsung? Apalagi sekarang ada media sosial, timeline bisa jadi wadah buat flexing. Menganggap orang lain pamer atau nggak sebenarnya adalah soal persepsi, tapi perilaku pamer atau menyombongkan kepunyaan ini, sebenarnya dipicu sama hal apa, sih? Flexing adalah istilah gaul yang berarti menyombongkan diri atau…

Kamu pernah pura-pura senyum, bahagia, saat sebenarnya kamu lagi nggak baik-baik aja? Eccedentesiast adalah istilah populer buat mewakili itu—memalsukan senyum untuk pura-pura bahagia. Pertanyaannya, apakah hal ini ada dampaknya? Apa penyebabnya dan apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ini beberapa penjelasan soal eccedentesiast menurut psikologi. Asal Istilah Eccedentesiast Eccedentesiast awalnya diciptakan oleh seorang novelis asal Amerika,…

Mental health awareness atau kesadaran akan pentingnya kesehatan mental kelihatannya makin meningkat dari hari ke hari. Hal ini salah satunya dipicu oleh semakin banyaknya akun psikoedukasi, buku dan film beken dengan tema yang bersinggungan sama kesehatan mental, sampai kesadaran orang-orang sendiri buat lebih banyak mencari tahu soal pentingnya kesehatan mental. Kamu termasuk salah satunya? Sayangnya,…

Awas nanti jadi suka, lho, begitu kata orang kebanyakan kalau lihat ada dua orang lawan jenis yang (mengaku) saling benci. Meski nggak selalu terjadi, tapi nggak jarang juga fenomena ‘benci jadi cinta’ini terjadi. Penelitian soal cinta dan benci dalam konteks hubungan romantis membuktikan dan memberi penjelasan soal betapa tipisnya jarak antara cinta dan benci. Kalau…

Berdamai dengan Dendam

January 20, 2022 0

Pernah nggak, sih, di satu waktu kamu teringat soal sesuatu yang bikin kamu sakit hati banget sampai sekarang? Rasanya ada dendam yang terpendam, yang diam-diam menghantui pikiran dan perasaan. Sewaktu-waktu mungkin lupa, tapi sakit hatinya belum pernah benar-benar ‘sembuh’. Kalau pernah, mungkin udah saatnya, lho, buat kamu berdamai sama dendam itu. Baca penjelasan di bawah,…

Mulai dari pelajar, pekerja kantoran, sampai ibu rumah tangga, semua pasti pernah mengalami yang namanya stres. Belum lagi cemas soal ini-itu. Penyebab stres sama cemasnya pun bukan yang sehari-dua hari pergi, melainkan justru hal-hal yang mungkin udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Makanya, setiap orang perlu punya trik-trik gampang yang bisa dilakukan buat mengatasi stres…

Liburan bisa bikin stres? Bukannya seharusnya liburan jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu banyak orang, karena liburan berarti istirahat ataupun bersenang-senang sesuka hati? Sayangnya, ada beberapa hal yang justru bikin liburan jadi pemicu stres, nih. Kalau nggak pandai-pandai mengaturnya, liburan yang seharusnya bantu kamu healing dari hari-hari yang berat, malah jadi sebaliknya. Jadi apa aja yang…

Pekerjaan atau tugas sehari-hari nggak jarang menimbulkan stres. Di luar itu, masih banyak juga hal-hal lain yang mungkin bikin kamu merasakan emosi-emosi tertentu seperti marah, sedih, dan sebagainya. Perasaan-perasaan itu tentunya nggak nyaman kalau dibiarkan bersarang terus-terusan. Bikin frustrasi; gimana, sih, cara ngeluapinnya? Kalau kamu masih menumpuk setiap emosi negatif yang kamu rasakan tanpa tahu…

Setiap orang bisa mengalami stres setiap harinya. Dari yang ringan hingga yang terasa begitu berat dan melelahkan sampai rasanya tidak ada ruang untuk bernapas. Rasa lelah teramat sangat, yang bahkan masih tertinggal kala pekerjaan di suatu hari sudah selesai dirampungkan, adalah pertanda bahwa stres yang dialami sudah menyebabkan kelelahan yang bukan lagi sekadar kelelahan fisik.…