Sering nggak, sih, ngelihat orang-orang menyombongkan kekayaannya terang-terangan atau secara nggak langsung? Apalagi sekarang ada media sosial, timeline bisa jadi wadah buat flexing. Menganggap orang lain pamer atau nggak sebenarnya adalah soal persepsi, tapi perilaku pamer atau menyombongkan kepunyaan ini, sebenarnya dipicu sama hal apa, sih? Flexing adalah istilah gaul yang berarti menyombongkan diri atau…

Seiring meningkatnya mental health awareness, muncul beberapa simbolisasi yang melambangkannya. Titik koma (semicolon) adalah salah satunya. Kalau kamu pernah lihat tanda atau tato titik koma di pergelangan tangan seseorang, maka hal itu bukannya tanpa arti. Kepoin pembahasannya berikut ini, yuk! Simbol Titik Koma dan Kesehatan Mental Arti titik koma (semicolon) adalah wujud mendukung paham akan…

Kamu pernah pura-pura senyum, bahagia, saat sebenarnya kamu lagi nggak baik-baik aja? Eccedentesiast adalah istilah populer buat mewakili itu—memalsukan senyum untuk pura-pura bahagia. Pertanyaannya, apakah hal ini ada dampaknya? Apa penyebabnya dan apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ini beberapa penjelasan soal eccedentesiast menurut psikologi. Asal Istilah Eccedentesiast Eccedentesiast awalnya diciptakan oleh seorang novelis asal Amerika,…

Mental health awareness atau kesadaran akan pentingnya kesehatan mental kelihatannya makin meningkat dari hari ke hari. Hal ini salah satunya dipicu oleh semakin banyaknya akun psikoedukasi, buku dan film beken dengan tema yang bersinggungan sama kesehatan mental, sampai kesadaran orang-orang sendiri buat lebih banyak mencari tahu soal pentingnya kesehatan mental. Kamu termasuk salah satunya? Sayangnya,…

Tahu, nggak, kalau mengetahui seberapa berharga dan bernilainya diri kamu itu penting banget? Tanpa tahu nilai diri kamu, banyak hal di hidup kamu yang bisa ikut terpengaruh; pikiran, emosi, perilaku, pengalaman. Rasa kecil hati, nggak pantas diperlakukan dengan baik, nggak pantas dihormati, semua itu ada karena mungkin kamu belum tahu nilai diri kamu. Yuk, baca…

Kalau biasanya kebahagiaan jadi hal yang dicari-cari sama banyak orang, pada cherophobia justru sebaliknya; kebahagiaan jadi hal yang ditakuti. Orang yang mengalami cherophobia secara aktif menghindar dari situasi-situasi yang umumnya orang anggap sebagai sesuatu yang membahagiakan. Wah, kok bisa, ya? Penjelasan lebih lanjut bisa kamu baca di uraian berikut, ya! Pengertian dan Simtom Cherophobia Cherophobia…

Pikiran bisa menjadi sebegitu nggak rasionalnya sampai menciptakan kecemasan dan ketakutan akan sesuatu yang belum tentu terjadi. Pernah nggak, sih, kamu terpikir bakal ada kecelakaan besar waktu kamu lagi di perjalanan, sampai kamu jadi terlampau takut sendiri? Pernah, nggak, kamu belum selesai bahkan belum memulai suatu pekerjaan, tapi udah keburu cemas sama hasilnya? Berikutnya, kamu…

Awas nanti jadi suka, lho, begitu kata orang kebanyakan kalau lihat ada dua orang lawan jenis yang (mengaku) saling benci. Meski nggak selalu terjadi, tapi nggak jarang juga fenomena ‘benci jadi cinta’ini terjadi. Penelitian soal cinta dan benci dalam konteks hubungan romantis membuktikan dan memberi penjelasan soal betapa tipisnya jarak antara cinta dan benci. Kalau…

Berdamai dengan Dendam

January 20, 2022 0

Pernah nggak, sih, di satu waktu kamu teringat soal sesuatu yang bikin kamu sakit hati banget sampai sekarang? Rasanya ada dendam yang terpendam, yang diam-diam menghantui pikiran dan perasaan. Sewaktu-waktu mungkin lupa, tapi sakit hatinya belum pernah benar-benar ‘sembuh’. Kalau pernah, mungkin udah saatnya, lho, buat kamu berdamai sama dendam itu. Baca penjelasan di bawah,…

Zaman sekarang, pelaku kejahatan justru lebih tersorot setelah diviralkan di media sosial. Alhasil setiap ada kasus, pilihan utama adalah bikin pelakunya viral dan oleh beberapa oknum, langsung disebarluaskan identitasnya. Sayangnya kadang hal ini dilakukan nggak pada tempatnya; identitas orang lain dibongkar ketika hal itu sebenarnya nggak harus dilakukan. Sedikit kesalahan seolah udah cukup menjadikan seseorang…