Pernahkah kamu merasakan ada sesuatu yang berterbangan di dalam perut dan rasanya menyenangkan sekaligus mendebarkan isi perutmu, contohnya seperti kupu-kupu yang sedang berterbangan di perut? Tapi, hal tersebut di dalam sudut pandang psikologi mempunyai dua sudut pandang yang berbeda, lho! bisa negatif dan positif. Mengapa hal tersebut bisa terjadi di dalam perut kita ya? Apakah menandakan tentang sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan mental dan fisik? Yuk, mari kita bahas mengapa ada fenomena kupu-kupu yang berada di dalam perut.

Sebagian besar pasti kita pernah merasakan kupu-kupu di dalam perut, fenomena tersebut adalah hal yang lumrah dan sering terjadi pada setiap individu. Ungkapan “kupu-kupu di perutku” menggambarkan perasaan gugup, cemas, atau bersemangat. Jadi, apa saja yang menjadi alasan kuat penyebab terjadinya perasaan berdebar-debar di perut?

Beberapa orang mungkin merasakan perasaan ini saat bertemu dengan seseorang yang baru, di hadapan orang yang disukainya, memulai pekerjaan baru, atau selama acara lain yang melibatkan tingkat ketidaktahuan apapun. Kadang-kadang, memiliki kupu-kupu berarti kamu sedang jatuh cinta dengan seseorang, sementara di sudut pandang yang lain, itu bisa menjadi indikator yang tidak nyaman bahwa kamu sedang merasa gugup tentang sesuatu.

Perasaan ini mungkin dialami bersamaan dengan gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang dapat menyebabkan kekhawatiran berlebihan kronis yang mengganggu kehidupan sehari-hari secara negatif. Apakah ada perbedaan yang bisa dikenali agar kita bisa mengenalinya dan juga bisa menghadapi perasaan dari kupu-kupu di perut dan gangguan kecemasan? 

Perbedaan yang paling mencolok adalah memiliki perasaan kupu-kupu hanya bersifat sementara dan kemungkinan besar akan berlalu dengan cepat. Jika kamu merasakan perasaan kupu-kupu dengan tempo yang lama dan merasakan ketakutan, seperti merasakan gelisah, kelelahan, sulit berkonsentrasi, kesulitan tidur, kesulitan mengendalikan perasaan. Nah, hal tersebut harus segera mengunjungi tenaga kesehatan agar mendapatkan perawatan yang intensif.

Jika kamu mengalami kupu-kupu di perut dengan gejala yang merujuk dengan perasaan kecemasan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu meringankan gejala tersebut, yaitu : 

  1. Latihlah pernapasanmu

pernapasan adalah cara yang efektif untuk mengurangi perasaan cemas dan gugup. Latihan pernapasan mungkin merupakan cara yang ampuh untuk mengurangi stres dan mencapai tempat yang tenang dan damai. Untuk melatih pernapasan yang disengaja secara efektif, cobalah mencari tempat yang tenang tanpa gangguan.

  1. Kelilingi dirimu dengan yang positif

Mengelilingi diri dengan hal-hal yang membuat dirimu bahagia dapat mempersulit pikiran negatif untuk masuk. Hubungi teman baik, hirup minyak esensial yang menenangkan, tonton film yang membangkitkan semangat, atau ikut serta dalam apa pun yang membuatmu merasakan bahagia dan memberikan kedamaian.

  1. Rencanakan rencana hari esok dengan positif

Menyimpan kalender dan menuliskan semua janji temu, tenggat waktu, dan acara penting mungkin membantu untuk mempersiapkan apa yang akan datang dan merasakan energi yang positif bisa mengurangi rasa kecemasan tentang apa yang akan terjadi esok hari.

  1. Mencari Pertolongan

Kecemasan atau stres terkadang terasa begitu berlebihan sehingga berdampak negatif dan mengalami kesulitan meringankan gejala tersebut, mencari bantuan dari profesional kesehatan mental, akan sangat berarti untuk kesehatan mentalmu.

referensi:

https://www.verywellmind.com/the-butterflies-in-stomach-feeling-7371425
https://www.betterhelp.com/advice/anxiety/butterflies-in-stomach-controlling-anxiety/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *