Rasa syukur merupakan emosi positif yang sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental, lho! dengan meningkatkan rasa syukur seperti lebih optimis dalam menjalani hidup dan lebih puas terhadap diri sendiri, secara tidak langsung sangat menghargai Tuhan yang telah menciptakan kehidupan ini. Pada saat mengucapkan kalimat rasa syukur, dan membandingkan suasana di masa lalu, kamu akan menikmati sesuatu dengan perasaan bahagia karena bisa melewatinya dengan sangat baik sehingga terbentuklah kehidupan yang lebih positif. 

Rasa syukur membantu seseorang untuk tetap berfokus pada aspek-aspek positif dalam hidup mereka. Rasa syukur tersebut dapat berupa seperti membantu, membangun, dan memelihara hubungan dengan orang lain, sehingga menghasilkan harapan, kepuasan hidup, dan perilaku yang lebih proaktif terhadap orang lain. Contohnya seperti memberi kepada orang lain yang kurang beruntung dari kehidupan kita, ketika kita memberi kepada orang tersebut, rasanya akan sangat menyenangkan dan dari situlah timbul rasa syukur.

Bersyukur sangat terkait dengan kesejahteraan, efek positif dari mengungkapkan rasa syukur tidak akan ada habisnya, karena efeknya terkait dengan kesejahteraan sosial, kesejahteraan emosional, dan kesejahteraan psikologis. Rasa syukur menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif dan memberikan pola pikir yang lebih segar untuk menghadapi masalah apapun. Selain itu, bersyukur tidak hanya untuk apa yang berjalan dengan baik, tetapi juga untuk apa yang tidak berjalan dengan baik.

Apakah kamu tahu, bahwa rasa syukur itu mempunyai tanda-tanda dan bisa diekspresikan secara langsung, lho!

  • Berterima kasih kepada seseorang atas pengaruh positif yang mereka miliki dalam hidupmu
  • Bersyukur atas nikmat Tuhan kepada kesehatan yang kita miliki
  • Meditasi atau doa yang fokus pada mengucapkan rasa syukur
  • Memperhatikan hal-hal kecil yang bisa memberikan efek rasa kebahagiaan dan syukur 

Rasa syukur memiliki manfaat yang tak ada habisnya baik bagi individu maupun masyarakat dan berakar kuat dalam psikologi positif. Psikologi positif berfokus pada pikiran dan perilaku positif, sehingga seseorang bisa saja tidak memiliki apa-apa, tetapi tetap bahagia dengan apa yang dimilikinya. Mengenali rasa syukur terhadap hal-hal yang tidak berwujud, seperti kesehatan dan hubungan adalah awal yang baik untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan. 

Bersyukur dapat memberikan rasa kebebasan secara keseluruhan dari ketegangan dan stres. Terlepas dari situasinya, temukan cara untuk bersyukur. Apapun tantangan yang akan kamu hadapi, carilah hikmahnya. Bahkan di hari terburukmu, temukan satu hal untuk disyukuri. Saat kamu mencari hal-hal untuk disyukuri, kamu akan melihat peluang untuk bersyukur di mana-mana. Hal tersebut sangat baik untuk membuat hidup menjadi lebih positif dalam memaknai sebuah kehidupan. 

 

referensi:

https://www.verywellmind.com/what-is-gratitude-5206817
https://www.psychologytoday.com/us/blog/mindfully-present-fully-alive/201810/the-making-grateful-mind

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *