Bagi sebagian orang keluar dari zona nyaman memang sangat tidaklah mudah, pada saat keluar dari zona nyaman, mereka akan tertantang untuk melakukan sesuatu yang lebih menantang. Jika kamu pernah keluar dari zona nyaman, pernahkah kamu merasakan sepertinya aku sangat cocok di bidang ini! Hal tersebut sangat baik karena bisa membuat kamu untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih tangguh. Namun, masih banyak yang masih sulit untuk meninggalkan zona nyaman, kenapa hal seperti itu bisa terjadi ya?

Di dalam zona nyaman, seseorang akan mengalami rasa nyaman dan tidak terlibat oleh tantangan apapun karena mereka mengerjakan sesuatu yang pastinya sudah sangat familiar dan hal tersebut tidak akan mengakibatkan resiko dalam keadaan apapun. Zona nyaman adalah keadaan psikologis manusia dimana seseorang memiliki rasa yang tentram karena sedang tidak diuji. 

Secara alami, manusia secara instingnya mereka akan berpikir bahwa untuk menghindari perasaan cemas atau stress, mereka akan enggan sekali untuk meninggalkan zona nyamannya. Pada saat kamu ingin meninggalkan zona nyaman pastinya akan dihadapkan oleh ketidakpastian dan menimbulkan rasa takut. Misalnya ingin menempuh jalur karir yang berbeda, namun timbul rasa ragu takut gagal. Hal tersebut bisa menjadi poin utama mengapa banyak orang yang sulit sekali untuk keluar dari zona nyaman.

Lalu, Dari segala kesulitan yang ada untuk keluar dari zona nyaman, apakah ada manfaat dari meninggalkan zona nyaman? Ternyata ada, lho! dan tentunya hal ini sangat mudah untuk diterapkan.

  1. Aktualisasi diri

Bagi banyak orang, aktualisasi diri bisa menjadi pemicu utama untuk meninggalkan zona nyaman. Hal tersebut bisa memicu motivasi yang ada di dalam diri individu tersebut untuk mencapai apa yang sebenarnya manusia itu inginkan.

  1. Mindset

Pola pikir manusia sangatlah dinamis, di satu sisi pasti sangatlah takut untuk keluar dari zona nyaman, namun di sisi lainnya pasti manusia itu menginginkan yang lebih dari dalam dirinya, sehingga dengan kasus tersebut pola pikir dan mindset kamu bisa berkembang dan tentunya hal ini bisa menginspirasi kamu untuk terus belajar dan mengambil risiko yang sehat yang tentu saja mengarah ke hasil yang positif.

Berikut ini adalah cara-cara untuk meninggalkan zona nyaman, yaitu:

  1. Perluas keahlian profesi 

Dengan menumbuhkan keahlian dan kreativitas dapat membangun kepercayaan diri kamu serta meningkatkan kemampuan kerja. Hal tersebut akan membuka lebih banyak peluang daripada sebelum kamu keluar dari zona nyaman

  1. Berlatih kejujuran

Kejujuran adalah kunci utama yang sangat luar biasa untuk pertumbuhan pribadi. Melalui komunikasi yang jujur, pastinya akan dapat memahami diri kita dengan lebih baik dan membangun ikatan yang lebih dalam dengan orang lain. 

  1. Bepergian ke tempat baru

Bepergian adalah salah satu cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman, karena dengan cara ini kamu akan menjelajahi lingkungan yang baru, bahasa, cara hidup, dan tentunya budaya sosial yang berbeda. Hal tersebut bisa menjadi sangat baik ketika diterapkan ke dalam lingkup kerja karena melihat segala sesuatu dari perspektif dan sudut pandang yang berbeda.

Meninggalkan zona nyaman membutuhkan keberanian dan perasaan rasa takut, tetapi percayalah hal tersebut hanya sekian waktu yang singkat, jika kamu bisa melewati rasa takut tersebut, kamu akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa hebatnya.

referensi:
https://positivepsychology.com/comfort-zone/

https://www.betterup.com/blog/comfort-zone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *