Pernahkah kamu merasakan mati rasa secara emosional saat hati tersakiti?

Setiap dari kita pasti pernah mengalami masa-masa stres dalam hidup. Namun terkadang kita sulit untuk mengatasinya. Tanpa kita sadari stres yang sudah menumpuk tanpa diselesaikan dengan baik dapat mengakibatkan kecemasan, bahkan berujung depresi. Stres yang menumpuk secara terus menerus dapat menyebabkan kondisi emotional numbness.

Emotional Numbness
Emotional numbness adalah sebuah kondisi dimana seseorang merasakan perasaan hampa dan kesulitan dalam mengungkapkan emosi yang sedang dirasakannya. Bahkan sampai kehilangan minat pada hal-hal yang disukai. Kondisi ini berkaitan erat dengan mekanisme pertahanan diri atau biasa kita sebut sebagai coping mechanism. Saat seseorang mengalami emotional numbness, ia akan menahan perasaan sakit atau kecewa yang cukup menyakiti dirinya. Perilaku ini memang membuat perasaan jadi lebih lega dan membuat diri jadi merasa aman. Namun, apabila dilakukan secara terus menerus dapat menghalangi dirimu dalam mengenali emosi positif atau negatif. 

Seseorang yang mengalami emotional numbness biasanya karena pernah mengalami perasaan traumatis (post-traumatic stress disorder), memiliki gangguan kecemasan, depresi, stres berat, dan efek samping akibat pengobatan yang menggunakan antidepresan (selective norepinephrine reuptake inhibitors). Kemudian gejala yang muncul ditandai dengan kesulitan mengenali emosi yang sedang dirasakan. Bahkan penderita sulit merasakan kebahagian, walaupun sedang melakukan aktivitas yang biasanya ia sukai. Ia juga akan lebih suka menyendiri daripada berkumpulnya dengan orang terdekat. Hal ini terjadi karena adanya perasaan terisolasi dari orang lain, dan perasaan ini menimbulkan perasaan hampa, putus asa, dan merasa nggak punya masa depan yang baik.

Cara Mengatasi Emotional Numbness
Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantumu dalam mengatasi emotional numbness:

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
    Mulailah untuk rutin berolahraga, karena dengan olahraga akan membuat tubuhmu memproduksi hormon endorfin yaitu hormon yang dapat memicu perasaan positif. Kamu dapat memulai dengan olahraga lari, yoga, berenang, atau mungkin sekedar jalan-jalan ringan di pagi hari. Jenis olahraga ini dapat membantu dirimu menghilangkan stres. 
  2. Hindari Stres yang Berlebihan
    Sebagai seorang individu pasti rasanya sangat sulit untuk menghindari stres setiap harinya. Maka dari itu, penting bagimu untuk belajar pengelolaan stres yang baik dan benar. Apabila kamu memiliki kemampuan dalam pengelolaan stres yang baik, kesehatan mentalmu nggak akan terganggu.
  3. Istirahat Cukup
    Saat kamu terlalu sibuk menjalani aktivitas sehari-hari, jangan lupa untuk menyisihkan waktu istirahat yang berkualitas untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Usahakan untuk tidur dalam jangka waktu 7 jam setiap harinya.
  4. Support System
    Saat kamu sudah merasa beban pikiran dan perasaanmu sudah sangat berat, cobalah untuk berbagai perasaan dengan orang-orang terdekat yang kamu percaya. Dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, atau pasangan sangat bermanfaat untuk mengurangi bebanmu. Kehadiran mereka tanpa kamu sadari akan membuatmu merasa lebih aman, karena kamu merasa nggak sendirian. Kalau kamu merasa sulit untuk mengekspresikan emosi yang kamu rasakan, kamu dapat memulainya sedikit demi sedikit nanti akan terbiasa dengan sendirinya.
  5. Melakukan Terapi Bersama Psikolog
    Apabila kamu merasa emotional numbness yang kamu rasakan sudah sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari, segera pergi ke psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Bersama psikolog nanti kamu akan melakukan konseling untuk mengetahui penyebab dari masalah yang kamu alami dan melakukan terapi untuk memberikan solusi terbaik pada masalahmu. Salah satu terapi yang biasanya dilakukan yaitu Cognitive Behavior Therapy (CBT).

Kamu nggak perlu khawatir karena emotional numbness ini ialah kondisi yang dapat dipulihkan, apabila mendapatkan penanganan yang tepat. Emotional numbness bukanlah gangguan psikologis, namun sebuah simtom atau tanda-tanda.. Sehingga ketika dikelola dan diatasi dengan baik, maka simtom emotional numbness ini akan menghilang. Segera berikan penanganan yang tepat ya! Agar simtom ini tidak berubah menjadi sebuah gangguan. 

Referensi:

https://psychcentral.com/depression/i-feel-nothing-emotional-numbness#_noHeaderPrefixedContent
https://www.verywellmind.com/emotional-numbing-symptoms-2797372
https://www.healthline.com/health/feeling-numb

Leave a Reply

Your email address will not be published.