Pernahkah kamu melakukan rutinitas sleep call dengan pasangan? kalau iya, sudah tau kah kamu kegiatan sleep call memiliki dampak negatif bagi kesehatan? simak ulasan berikut ini.

Sleep Call
Sleep call adalah melakukan panggilan suara atau video bersama pasangan sampai tertidur di malam hari. Bahkan banyak pasangan yang membiarkan telepon dalam keadaan tetap aktif semalaman hingga menjelang pagi hari. Sleep call sudah menjadi rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan oleh pasangan saat ini, terutama saat berkurangnya intensitas tatap muka selama pandemi. 

Sleep call sangat bermanfaat untuk pasangan yang terpisah oleh jarak dan waktu. Hal ini dikarenakan menghabiskan waktu untuk mengobrol semalaman dapat meringankan rasa rindu, meningkatkan keintiman, dan menjaga keberlangsungan sebuah hubungan. Selain itu dengan melakukan sleep call dapat memberikan rasa nyaman dan konfirmasi akan kesetiaan pasangan. Untuk sebagian orang, sleep call dengan pasangan melalui panggilan video saat tidur dapat membuatnya merasakan kehadiran pasangan secara langsung. Hal ini dapat membuat ia merasakan kebersamaan dan lebih nyaman sehingga dapat membantu tertidur dengan nyenyak. Walaupun kegiatan sleep call sangat menyenangkan dan memiliki banyak manfaat positif, sleep call juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan.

Dampak Negatif Sleep Call

  1. Mengganggu Kesehatan Mata
    Kegiatan sleep call yang terlalu lama, apalagi saat panggilan video dan dilakukan dalam ruangan yang gelap dapat menyebabkan paparan cahaya biru dari ponsel mengenai mata. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata.
  1. Memburuknya Kualitas Tidur
    Penggunaan handphone sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur, karena menekan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu untuk mengatur siklus bangun dan tidur. Cahaya biru yang dihasilkan oleh handphone dapat mengurangi dan menunda produksi hormon melatonin, sehingga rasa kantuk berkurang. Kualitas tidur yang buruk berkaitan erat dengan gangguan kesehatan.
  1. Meningkatkan Risiko Terkena Kanker
    Penggunaan handphone dalam jangka waktu yang panjang berpotensi menghasilkan medan  elektromagnetik yang dapat memicu terjadinya kanker. Kemudian penggunaan handphone saat sleep call berjarak dekat dengan tubuh atau kepala yang berlangsung semalaman. Hal ini dapat meningkatkan besarnya paparan frekuensi radio ke pengguna handphone.

Sleep call sangat bermanfaat untuk mempertahankan hubungan, membangun keintiman pada pasangan, pelepas stres, dan membuat tidur jadi lebih nyaman. Namun kamu juga harus memahami dampak negatif sleep call bagi kesehatan. Kamu perlu mempertimbangkan dampak buruk ini bersama pasangan dan mulai untuk mengatur waktu bersama agar nggak terkena dampak negatif dari sleep call. Namun, apabila kamu mulai mengalami gangguan tidur nggak ada salahnya loh untuk berkonsultasi ke profesional seperti psikolog. Sehingga mendapatkan penanganan yang terbaik.

Referensi:

https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/how-electronics-affect-sleep
https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/electromagnetic-fields-and-public-health-mobile-phones

Shechter, A., Kim, E., St-Onge, M., & Westwood, A. (2018). Blocking nocturnal blue light for insomnia: A randomized controlled trial. Journal Of Psychiatric Research, 96, 196-202.

Leave a Reply

Your email address will not be published.