Pernahkah kamu merasa nggak percaya diri dengan tubuhmu yang pendek dan gendut saat berkenalan dengan orang baru? kemungkinan besar kamu sedang merasa insecure.

Kata insecure kerap kali digunakan dalam media sosial, namun masih banyak orang yang masih bertanya-tanya dan belum memahami “apa itu insecure?”

Insecure
Insecure adalah perasaan nggak aman yang membuat seseorang merasa cemas, takut, dan nggak percaya diri. Seseorang yang insecure biasanya akan dipenuhi pikiran negatif mengenai kemampuan yang dirinya miliki. Ia akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan orang lain, mencapai tujuan, menemukan penerimaan dan dukungan dari orang lain. Setiap orang memiliki jenis insecure yang berbeda-beda, seperti insecure pada penampilan, insecure pada hubungan, insecure pada pekerjaan, dan insecure pada kondisi sosial. 

Penyebab seseorang merasa insecure karena ia takut akan sebuah kegagalan atau penolakan, takut mengecewakan orang lain, sifat yang terlalu perfeksionis, adanya kecemasan sosial,  pernah jadi korban bullying, dan kekhawatiran lainnya. Bahkan dapat disebabkan oleh pola asuh orang tua yang terlalu kritis, sering mengabaikan anak, dan kasar. Tanda seseorang yang sedang merasa insecure dapat terlihat dari harga diri (self-esteem) yang rendah, suka menghindari interaksi sosial, kecemasan, depresi, perfeksionis, performa kerja yang buruk, dan memiliki gaya keterikatan kecemasan yang pada akhirnya membuat mereka mengalami ketergantungan emosional yaitu mengandalkan orang lain untuk mendapatkan kesejahteraan emosional. 

Cara Mengatasi Perasaan Insecure
Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa insecure yang sedang kamu rasakan:

  1. Lawan pikiran negatif.
  2. Cari kelebihan diri sendiri.
  3. Mendahulukan kebutuhan diri sendiri.
  4. Singkirkan rasa canggung yang kamu rasakan.
  5. Lakukan kegiatan yang membuatmu bahagia.
  6. Hargai setiap usaha yang dirimu lakukan sekecil apapun itu.
  7. Rayakan pencapaian yang berhasil kamu capai tanpa membandingkan dengan pencapaian orang lain.
  8. Habiskan waktumu bersama orang-orang yang mencintaimu.
  9.  Jika Anda memiliki teman yang kerap mengejek, membuatmu merasa nggak berharga dan merasa insecure, maka sebaiknya temukan teman lain yang lebih baik.

Perasaan insecure harus diatasi sebelum nantinya akan menyebabkan dampak yang parah untuk kesehatan mentalmu. Perasaan insecure dapat memicu kecemasan yang berlebihan, rasa takut, khawatir, dan keraguan diri. Maka dari itu, kamu perlu mengatasinya sedini mungkin. Namun apabila perasaan insecure ini sudah sangat mengganggu kenyamanan dirimu dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera untuk berkonsultasi ke profesional seperti psikolog yah.

Referensi:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/compassion-matters/202008/are-you-feeling-insecure
https://www.psychologytoday.com/us/blog/rediscovering-love/201801/insecurity
https://www.psychologytoday.com/intl/blog/constructive-wallowing/201911/how-stop-feeling-insecure
https://www.psychologytoday.com/us/blog/fulfillment-any-age/201507/why-we-feel-insecure-and-how-we-can-stop

Leave a Reply

Your email address will not be published.