Apakah kamu memiliki keinginan untuk mengenal orang terdekatmu secara lebih mendalam dan personal? cobalah untuk melakukan deep talk.

Deep Talk
Deep talk adalah percakapan secara mendalam dan bermakna yang dilakukan untuk membahas sebuah topik tertentu. Percakapan yang dibangun dalam deep talk lebih personal dan berkualitas nggak hanya sekedar obrolan ringan saja. Selain itu deep talk ialah salah satu cara untuk mengenal lebih jauh dan membuat hubungan yang lebih erat dengan orang terdekatmu. Saat kamu melakukan deep talk, kamu dapat berempati dan memberikan dukungan sosial terhadap apa yang sedang terjadi dengan lawan bicaramu. 

Deep talk memiliki manfaat untuk hubungan sosial dan asmaramu, seperti dapat membangun hubungan yang lebih baik, memperkuat hubungan sosial, lebih mengenal dan dapat berempati dengan lawan bicara, memahami sudut pandang dan perasaan orang lain, membuka wawasan baru, belajar mengungkapkan perasaan, lebih terbuka dengan diri sendiri, mengurangi stres, meningkatkan kesehatan mental, dan membuat hidup lebih bahagia. Namun perlu kamu ketahui sebelum melontarkan pertanyaan deep talk, kamu harus memastikan kalau lawan bicaramu sedang dalam keadaan mood yang bagus. Jika perlu, mintalah izin kepada mereka terlebih dahulu.

Saat kamu sudah mendapatkan suasana yang tepat, mulailah untuk melakukan deep talk. Berikut beberapa pertanyaan deep talk yang dapat kamu gunakan saat memulai percakapan deep talk dengan anggota keluarga, pasangan, atau sahabat:

  • Apa tujuan terbesar dalam hidupmu? dan sudah sejauh mana perkembangannya?
  • Hal apa yang membuatmu jadi merasa bersyukur?
  • Selama kamu hidup apa titik terendah dan titik tertinggi yang pernah kamu alami?
  • Apa yang akan kamu lakukan jika pasanganmu selingkuh?
  • Hal apa yang paling penting di dalam sebuah hubungan?
  • Apa yang akan kamu lakukan saat pasanganmu selingkuh?

Cara Melakukan Deep Talk

  1. Kenali Waktu yang Tepat
    Sebaiknya sebelum kamu memulai deep talk, kamu perlu memperhatikan suasana, waktu, dan tempat terlebih dahulu. Kamu dapat memilih waktu senggang dan tempat yang nyaman untuk memulai deep talk dengan orang terkasihmu, agar percakapan dapat terjalin dengan nyaman.
  1. Mulailah dengan Obrolan Ringan
    Deep talk nggak selalu dimulai dengan obrolan yang berat, kamu dapat memulai dengan obrolan ringan, atau cerita lucu. Hal ini dapat menjadi pengantar yang tepat sebelum kamu dan lawan bicara memasuki topik yang lebih dalam. Karena terkadang obrolan ringan dapat memunculkan ide topik lain yang menarik untuk dibahas secara lebih mendalam.
  1. Gunakan Pertanyaan Terbuka
    Sebaiknya kamu menghindari pertanyaan tertutup yang hanya dapat dijawab dengan lawan bicaramu “ya” atau “tidak”. Pertanyaan terbuka akan memberikan lawan bicaramu kesempatan untuk bercerita atau menjelaskan lebih detail.
  1. Ceritakan Hal yang Lebih Personal
    Cobalah untuk membuka diri dan memberikan keresahanmu dengan orang lain. Hal ini dapat membuatmu merasa lega dan diterima. Sehingga kamu mendapatkan sudut pandang yang berbeda mengenai masalahmu yang dapat menjadi pembelajaran.
  1. Jadilah Pendengar yang Baik
    Menjadi pendengar yang baik ialah hal penting yang harus kamu lakukan untuk membuat lawan bicaramu merasa nyaman. Dengan kamu menjadi pendengar yang baik, lawan bicaramu akan lebih terbuka dan jujur ketika berbicara. Sehingga percakapanmu akan semakin dalam dan bermakna. Setelah lawan bicaramu selesai berbicara, kamu dapat meresponsnya dengan positif sesuai dengan pendapat pribadimu. Hindari memberikan pertanyaan yang berpotensi mengganggu, menghakimi, dan menganggap remeh cerita orang lain.
  1. Komunikasi Non Verbal
    Saat kamu melakukan deep talk jangan lupakan komunikasi non verbal, seperti tatapan mata, ekspresi wajah, dan gestur tubuh. Cobalah untuk menatap matanya, memberikan ekspresi wajah yang antusias sesuai dengan percakapan, dan menunjukkan gestur tubuh yang tegak. Hal ini penting untuk dilakukan karena dapat membuat lawan bicaramu merasa nyaman.

Itulah beberapa manfaat dan cara yang dapat kamu lakukan untuk memulai deep talk dengan orang terkasihmu. Deep talk nggak hanya dapat membangun hubungan sosial yang lebih erat, namun juga bermanfaat untuk kesehatan mentalmu. Untuk sebagian orang mungkin merasa kesulitan untuk melakukan deep talk atau mengungkapkan perasaan, namun kamu nggak perlu khawatir. Karena pada umumnya deep talk dapat terbangun dari obrolan ringan dan dapat mengalir dengan sendirinya ke percakapan yang lebih dalam. 

Referensi:

https://psychcentral.com/health/deep-conversation-starters#next-steps
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322367
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2861779/
https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/relationships-and-communication

Leave a Reply

Your email address will not be published.