Apakah kamu sering melihat komentar pedas netizen kepada public figure atau tokoh tertentu di media sosial? seseorang yang sering melontarkan komentar negatif biasa disebut sebagai keyboard warrior.

Keyboard Warrior
Keyboard warrior adalah seseorang yang berani melontarkan komentar negatif di media sosial, dimana ia terlibat dalam diskusi agresif atau debat dengan pengguna lain di media sosial yang mengarah kepada komentar negatif, baik berupa postingan, gambar, atau berita. Istilah keyboard warrior biasa disebut sebagai hater atau  pembenci, hal ini disebabkan karena sebagian besar komentar yang diberikan bersifat negatif dan sinis, bahkan sampai mengarah pada cyberbullying. Kondisi ini dapat mengganggu suasana hati bahkan kesehatan mental orang yang mendapatkan komentar negatif.

Biasanya seseorang yang suka melontarkan hate comment di media sosial mungkin memiliki masalah pribadi dan merasa nggak aman atas identitas dirinya sendiri. Maka dari itu cara ia mengatasi krisis dan gejolak batin yang sedang dialami ialah dengan meremehkan dan berkomentar negatif kepada orang lain. Tindakan ini akan membuat ia merasa puas, namun sebenarnya merasa nggak memiliki kendali atas kehidupannya sendiri, sehingga berusaha mengendalikan orang lain dengan menjadi keyboard warrior.

Cara Menghadapi Keyboard Warrior
Berikut beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk menyikapi keyboard warrior:

  1. Berpikir Positif
    Saat kamu mendapatkan komentar negatif di media sosial cobalah untuk tetap tenang dan berpikir positif. Walaupun mungkin komentar  negatif yang kamu dapatkan membuatmu sedih dan kesal. Kamu nggak perlu terlalu memikirkan komentar negatif yang belum tentu benar, dan berpikirlah bahwa mereka nggak benar-benar mengenalmu secara personal.
  1. Bersikap sopan
    Hindari bersikap marah-marah, jangan sampai kamu terlibat dalam drama dengan seorang keyboard warrior. Hal ini hanya akan merugikan kesehatan mental dan citra dirimu. Berusahalah untuk tetap sopan dalam menghadapi komentar negatif.
  1. Hubungi Secara Pribadi
    Nggak semua komentar negatif dapat langsung kamu tanggapi di ruang publik. Namun ada kalanya komentar negatif perlu diselesaikan secara pribadi antara kamu dan pemberi komentar. Kamu dapat meninggalkan komentar dan meminta mereka untuk menghubungi secara pribadi. Nggak ada salahnya juga apabila kamu ingin menghubungi mereka duluan secara pribadi. Tindakan ini dapat menjadi ruang diskusi yang sehat untuk mengatasi sebuah masalah.
  1. Hapus Komen Negatif
    Apabila kamu merasa komentar negatif yang diberikan sudah mengganggu dan dapat merusak reputasimu, kamu dapat menghapus komentar negatif tersebut.  Hal ini akan membuatmu merasa jauh lebih tenang.
  1. Gunakan Humor
    Kamu dapat merespons para keyboard warrior dengan sedikit humor. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kamu nggak menganggap komentar negatif tersebut terlalu serius, dan dapat mencairkan suasana. Respons ini termasuk perilaku yang positif dan sopan.

Kamu nggak dapat mengontrol tindakan para keyboard warrior untuk berhenti memberikan komentar negatif, karena hal ini merupakan di luar kendalimu. Sebaiknya kamu fokus pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan, seperti pikiran, persepsi, perasaan, dan tindakanmu. Jika kamu merasa perilaku dari keyboard warrior ini sudah mengganggu kesehatan mentalmu, jangan ragu untuk konsultasi ke profesional seperti psikolog agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Referensi:

https://www.verywellmind.com/negative-comments-on-social-media-5090286
https://www.abc.net.au/news/2014-10-02/new-study-looking-at-the-personalty-types-of-online-commenters/5785424

Leave a Reply

Your email address will not be published.