Pernahkah kamu bertemu dengan orang dewasa, namun memiliki sifat childish alias kekanakan? Atau jangan-jangan ternyata dirimu sendiri?

Bertemu dan berkomunikasi dengan seseorang yang sudah dewasa, namun memiliki sifat kekanakan memang suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Karena seseorang yang memiliki sifat childish cenderung nggak mau mendengarkan dan egois.

Childish
Childish atau kekanak-kanakan ialah sebuah keadaan yang menggambarkan perilaku yang nggak sesuai dengan usia. Seseorang yang belum dewasa secara emosional akan bereaksi secara berlebihan terhadap situasi yang sedang dihadapi. Hal ini terjadi karena ia merasa kesulitan dalam mengendalikan emosi. Seseorang yang sudah dewasa namun masih memiliki sifat kekanak-kanakan, kemungkinan besar nggak memiliki keterampilan emosional dan sosial tertentu. Ia juga sulit berhubungan dengan orang dewasa lainnya. Sifat childish pada orang dewasa dapat dilihat dari ciri-ciri yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, seperti mudah emosi, mencari perhatian, perilaku impulsif, nggak mau mengakui kesalahan, menghindari tanggung jawab, dan narsistik.

Cara Menghadapi Orang yang Memiliki Sifat Childish
Berikut beberapa cara yang dapat membantumu dalam menghadapi orang yang memiliki sifat childish:

  1. Berkomunikasi dengan Baik
    Cobalah untuk mengkomunikasikan dengan jujur apa yang kamu rasakan tentang sifat  childish yang ia miliki. Kamu dapat menyampaikan ini ketika berinteraksi dengannya, terutama saat menemui sebuah masalah. Berikanlah solusi padanya dan katakan bahwa kamu akan membantunya. Namun hindari memberi solusi dengan nada memerintah atau menyudutkan.
  1. Menyesuaikan Diri
    Memang nggak mudah memiliki orang terdekat yang mempunyai sifat childish. Terlebih nggak semua orang dapat berubah dengan waktu yang cepat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Maka dari itu untuk dapat menghadapinya kamu perlu pelan-pelan menyesuaikan diri dan mempelajari pola sifat childish.
  1. Sampaikan Hal positif
    Jangan ragu untuk menyampaikan feedback positif ketika seseorang mulai menunjukkan perubahan ke arah yang lebih positif. Karena sebuah dukungan yang kamu berikan dapat menambah semangat baginya. Seperti yang kita ketahui mengubah sifat yang sudah melekat dalam diri seseorang bukanlah hal yang mudah dilakukan, sehingga nggak ada salahnya untuk kita memberikan sebuah apresiasi yang positif.

Ketika kamu memiliki orang terdekat yang memiliki sifat childish, kamu perlu tahu bagaimana cara menghadapinya. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan, karena dapat mencegah dampak negatif, kamu juga jadi dapat berkomunikasi dengan lebih baik, dan menjaga kewarasan mental bagi dirimu sendiri. Apabila kamu merasa hal tersebut sudah mulai mengganggu kenyamanan hidupmu, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi ke profesional seperti psikolog agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Referensi:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/resolution-not-conflict/201603/can-you-spot-10-signs-childish-adult
https://www.verywellhealth.com/emotional-immaturity-warning-signs-5218497
https://www.webmd.com/mental-health/what-is-a-emotional-immaturity#091e9c5e8214c890-1-2
https://dictionary.apa.org/immaturity
https://www.healthline.com/health/mental-health/emotional-immaturity

Leave a Reply

Your email address will not be published.