Libur lebaran telah usai, waktunya kamu beraktivitas kembali. Namun kamu perlu waspadai nih adanya holiday blues setelah libur lebaran yang mungkin saja terjadi pada dirimu. Seperti rasa cemas, nggak memiliki motivasi, mengalami gangguan tidur, menjadi lebih mudah marah, hingga rasa sedih yang berlebihan. 

Libur lebaran banyak dimanfaatkan orang untuk kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Selain itu libur lebaran juga menjadi waktu untuk kamu dapat beristirahat tanpa melakukan pekerjaan yang mungkin biasanya kamu lakukan sehari-hari dan menjadi tanggung jawab dirimu. Sehingga dirimu akan refresh kembali saat liburan telah usai, karena energimu sudah terkumpul.

Tetapi realitanya untuk sebagian orang justru mengalami rasa khawatir, cemas, dan nggak semangat untuk kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, kamu merasa sangat sedih saat kembali ke rumah ketika akan memulai pekerjaan dan kegiatan sehari-hari setelah libur lebaran. Berlibur ialah salah satu cara yang baik untuk dilakukan karena dapat menjaga kesehatan mental, seperti membantu dirimu untuk menurunkan stres, gangguan cemas, hingga depresi. Namun kamu perlu tetap waspada dengan kondisi holiday blues atau post holiday syndrome yang dapat dialami oleh siapa saja setelah momen liburan. Biasanya rasa bahagia yang dialami oleh pengidap post holiday syndrome nggak akan bertahan lama. Setelah liburan, akan kembali merasakan sedih. Penyebab dari post holiday blues diakibatkan karena adanya kelelahan baik secara fisik atau psikis setelah melalui liburan yang cukup panjang. 

Beberapa Tanda Holiday Blues yang Perlu Kamu Waspadai
Berikut tanda yang perlu kamu perhatikan dari holiday blues agar kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan baik:

  1. Nggak memiliki motivasi untuk melakukan kegiatan sehari-hari
  2. Mengalami rasa cemas yang berlebihan mengenai kegiatan yang harus dijalankan
  3. Lebih mudah marah
  4. Perubahan suasana hati yang menjadi lebih buruk
  5. Timbul rasa sedih yang berlebihan
  6. Mengalami stres
  7. Mengalami gangguan tidur
  8. Merasa kehilangan sesuatu
  9. Merasa kosong atau sendirian setelah berkumpul dengan keluarga selama beberapa hari

Cara Mengatasi Holiday Blues Setelah Liburan Lebaran
Sebaiknya kamu perlu memahami bagaimana cara mengatasi holiday blues agar kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan baik. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat membantumu menghadapi kondisi ini:

  1. Buatlah Jadwal Kegiatan yang Akan dilakukan Setelah Berlibur
    Kamu perlu membuat jadwal kegiatan atau pekerjaan yang akan dilakukan setelah libur lebaran. Sehingga akan membuatmu lebih siap dalam menghadapi pekerjaan yang akan kamu kerjakan.
  2. Istirahat yang Cukup
    Apabila kamu merasakan kelelahan setelah liburan lebaran, nggak ada salahnya loh untuk kamu kembali beristirahat di rumah hingga kondisi dirimu kembali normal. Hal ini dapat membuatmu terbiasa dengan suasana rumahmu sehari-hari.
  3. Pastikan Komunikasi Berjalan Lancar
    Setelah liburan berlangsung, usahakan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga melalui sosial media. Hal ini untuk mengurangi rasa kesepian yang kamu rasakan setelah berlibur bersama keluarga yang telah usai.
  4. Konsumsi Makanan Sehat
    Sangat penting untuk kamu mengkonsumsi makanan sehat setelah libur lebaran. Selain dapat membantu suasana hati menjadi lebih baik juga dapat menghindarkan dirimu dari penyakit kolesterol dan diabetes.

Itulah tanda dari holiday blues yang perlu kamu ketahui dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Agar tanda dari holiday blues yang kamu alami nggak semakin memburuk cobalah untuk lakukan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas agar kesehatan mentalmu berangsur membaik yah. Namun apabila kondisimu semakin memburuk dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya kamu berkonsultasi ke profesional seperti psikolog agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Referensi:
https://www.healthline.com/health/post-vacation-blues

https://www.verywellmind.com/what-are-the-post-holiday-blues-5214403
https://www.verywellmind.com/holiday-blues-4771716

Leave a Reply

Your email address will not be published.