Pernahkah kamu melihat konten ASMR yang selama ini banyak berkeliaran di sosial media? Katanya menonton atau mendengarkan konten ASMR dapat mengatasi kecemasan loh. 

Benarkah begitu? Yuk simak artikel berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya.

ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response, dimana istilah ini digunakan untuk menggambarkan sensasi kesemutan dan menenangkan yang akan dialami oleh beberapa orang sebagai respons dari rangsangan audio atau visual tertentu yang ada di sebuah konten. Namun nggak semua orang dapat mengalami sensasi dari ASMR ini. Nah bagi seseorang yang mengalaminya, ia akan menggambarkan sensasi kesemutan ini sebagai hal yang menyenangkan. Pada umumnya dimulai dari bagian atas kepala dan terkadang menjalar ke tulang belakang dan anggota badan. Seringkali sensasi ini disertai dengan perasaan yang menenangkan dan kantuk yang menyenangkan. 

Menurut sebuah penelitian yang berjudul Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR): a flow-like mental stat, menjelaskan bahwa terdapat beberapa orang yang merasakan kalau konten ASMR membantu mereka dalam meringankan gejala suasana hati yang negatif, termasuk perasaan depresi dan stres. Kemudian terdapat penelitian lain yang mengatakan hal serupa yaitu penelitian yang berjudul More than a feeling: Autonomous sensory meridian response (ASMR) is characterized by reliable changes in affect and physiology, yang mengatakan bahwa menonton video ASMR dapat memperlambat jantung, yang dimana mengarahkan ke dalam kondisi relaksasi dan ketenangan. Banyak dari mereka yang mengatakan kalau konten ASMR dapat meningkatkan rasa koneksi dengan orang lain, sehingga hal ini berdampak positif  untuk kesejahteraan dirinya sendiri.

Konten ASMR dapat memberikan banyak manfaat bagi yang mendengarkan dan menontonnya seperti akan merasa lebih santai, mudah tertidur, merasa dihibur atau diperhatikan, meredakan kecemasan atau rasa sakit, merasa lebih baik ketika dalam keadaan sakit atau marah. dan sebagai pengalih perhatian dari pikiran cemas sambil meningkatkan perasaan relaksasi. Lalu konten ASMR seperti apa sih yang dapat kamu nikmati agar memberikan dampak positif seperti yang sudah dijelaskan di atas? 

Konten ASMR yang Wajib Kamu Coba

  1. Konten ASMR Berbentuk Suara 
    Untuk sebagian orang suara tertentu dapat membantu mereka untuk merasa lebih tenang dan rileks. Terdapat beberapa jenis ASMR berbentuk suara yang dapat kamu coba yaitu suara renyah, ketukan, bisikan, membalik halaman, dan menulis. 
  1. Konten ASMR Berbentuk Visual
    Banyak konten ASMR yang menggabungkan beberapa pemicu visual dan audio. Untuk pemicu visual yang bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan yaitu sapuan kuas, melipat baju, mengelus hewan peliharaan, mengikat rambut, menulis, dan menyentuh wajah.

Itulah informasi yang perlu kamu ketahui mengenai konten ASMR yang ternyata dapat memberikan dampak positif untuk dirimu, bukan hanya sebagai media hiburan semata saja. Jikakamu mengalami kecemasan yang cukup parah, sebaiknya segera konsultasikan ke profesional seperti psikolog, agar dirimu mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Referensi:
https://www.verywellmind.com/why-anxious-neurotic-people-are-more-likely-to-experience-and-benefit-from-asmr-5219321

https://www.verywellmind.com/what-is-asmr-4582673
https://www.healthline.com/health/asmr-anxiety
https://www.sciencedaily.com/releases/2022/02/220202143056.htm
https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0196645

Leave a Reply

Your email address will not be published.