Puasa bukan hanya sebagai bentuk ibadah yang dilakukan umat muslim saja, tetapi sebagai sarana untuk membantu seseorang dalam menghentikan kebiasaan buruk. Seringkali seseorang merasa sulit untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan, karena sudah terbiasa melakukannya tanpa rasa bersalah. Seperti berbohong, membicarakan hal buruk tentang orang lain, terlalu banyak tidur, malas bergerak, dan masih banyak lagi. Nah apakah kamu salah satu dari orang tersebut? Jika iya, yuk mulai untuk hentikan kebiasaan buruk itu! Jangan sampai kamu sudah capek-capek menjalankan ibadah puasa, tetapi ibadahmu nggak diterima karena perilaku burukmu itu. Pasti kamu nggak mau kan?!

Kebiasaan Buruk

Dalam ilmu psikologi, kebiasaan lebih populer dikenal sebagai conditional response, yang berarti sebagai respons yang telah terkondisi. Artinya adalah, suatu perilaku yang pada dasarnya diulang-ulang secara terus-menerus di dalam suatu setting situasi tertentu. Kebiasaan buruk adalah suatu perilaku yang dilakukan secara terus-menerus hingga sudah menjadi suatu kebiasaan, dan kebiasaan tersebut memiliki dampak negatif bagi individu tersebut. Kebiasaan buruk biasanya berlangsung secara diam-diam, sehingga membuat seseorang nggak sadar bahwa ia sering melakukan hal tersebut. Kebiasaan pada awalnya dilakukan dalam keadaan sadar, namun pengulangan membuat turunnya kesadaran dan respon motorik seseorang. Pada akhirnya, kebiasaan tersebut sepenuhnya dan menjadi bagian dari rutinitas pikiran, sehingga lebih susah untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. 

Kebiasaan buruk memiliki dampak bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental. Semakin kamu banyak melakukan kebiasaan buruk, maka kesehatan yang kamu miliki pun akan menurun. Maka sangat penting untuk dirimu nggak melakukan kebiasaan buruk, agar kesehatan fisik dan kesehatan mentalmu tetap terjaga. Selain itu, kebiasaan buruk juga memiliki dampak untuk orang yang berada di sekitar seseorang yang melakukan kebiasaan buruk. Sehingga biasanya orang yang melakukan kebiasaan buruk, akan cenderung dikucilkan dari pergaulan masyarakat sekitar. Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk? Yuk simak bareng-bareng!

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Berikut cara yang bisa kamu lakukan, untuk membantumu keluar dari kebiasan buruk :

  1. Menyadari Bahwa yang Kamu Lakukan Adalah Kebiasaan Buruk 

Hal ini dapat membantumu menahan diri untuk nggak melakukannya lagi. Kamu harus tanamkan dalam pikiranmu bahwa kebiasaan ini merupakan suatu hal negatif, yang nggak baik untuk dilakukan, dan harus dihindari.

  1. Buat Rencana yang Matang

Kamu bisa membuat rencana yang matang dengan memastikan mulai dari kapan kamu akan menghentikan kebiasaan buruk dan pikirkan upaya apa saja yang akan kamu lakukan. Jangan lupa untuk memberikan target dari waktu ke waktu mengenai perubahan yang kamu lakukan. Tetapi, pastikan untuk realistis dalam menentukannya. Jangan sampai justru membuatmu malas untuk melakukannya.

  1. Alihkan Perhatian Pada Hal Lain

Ketika kamu terpicu untuk melakukan kebiasaan buruk, alihkan perhatian kamu pada hal lain. Misalnya kamu ingin bergosip hal buruk tentang seseorang, segera ambil ponsel atau benda lain untuk menghentikan kebiasaan itu. Fokuskan dirimu sehingga keinginan untuk menggibah pun hilang.  Yang terpenting adalah jauhkan godaan tersebut dari pikiranmu.

  1. Tuliskan Peringatan yang Positif

Tulislah peringatan di ponsel mu atau memo yang menempel di dinding. Tulislah dengan kata-kata yang positif. Hal ini akan mengingatkan kamu untuk nggak melakukan kebiasaan yang sedang kamu hindari.

  1. Beri Reward Pada Diri Sendiri 

Jika kamu berhasil mencapai target untuk menghilangkan kebiasaan buruk, kamu bisa memberikan reward. Dengan memberi hadiah dirimu  sesuatu yang saat ini kamu butuhkan.

  1. Bersabar dan Konsisten 

Jika kamu benar-benar ingin menghilangkan kebiasaan buruk bersabarlah dan konsisten. Kamu bisa melakukannya dengan kuatkan tekadmu semaksimal mungkin, jangan sampai terkecoh dengan godaan negatif yang ada. 

  1. Dapatkan Dukungan 

Carilah teman yang sama-sama sedang mencoba menghilangkan kebiasaan buruk. Dengan begitu kamu bisa saling berbagi cerita satu sama lain. Sehingga akan membuatmu merasa mendapat dukungan, kamu pun jadi akan lebih bersemangat untuk menghentikan kebiasaan buruk. 

Kebiasaan buruk memang nggak bisa dihilangkan secara cepat, tetapi  dapat dihilangkan secara perlahan. Apabila kamu konsisten, untuk nggak melakukannya lagi. Daripada terus menerus melakukan kebiasaan buruk yang bisa merugikan dirimu sendiri. Lebih baik dirimu mulai untuk menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan kegiatan yang positif, yang pastinya akan bermanfaat untuk kesehatanmu. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara rutin, minum air putih, hindari minuman beralkohol dan merokok, dan tidur yang cukup yah. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Referensi :

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/fixing-families/201712/how-break-bad-habits
https://www.healthline.com/health/how-long-does-it-take-to-break-a-habit#tips-and-tricks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *