Orang bilang, curhat itu cuma bisa dilakukan ke orang terdekat aja. Kalau belum cukup dekat dan saling memahami, rasanya lebih baik nggak perlu. Pertanyaannya, apa benar selalu begitu? Kadang-kadang justru yang sebaliknya yang terjadi; kita lebih pengin curhat sama random stranger daripada sama teman dekat. Barangkali akan ada saat-saat di mana yang kita butuhkan bukan…

“Kok kulit aku bisa mulus dan nggak jerawatan ya, padahal aku gak pakai skincare apapun lohh” “Duh sebel banget berat badanku turun, jadi bajuku pada gak muat deh” “Kok bisa yaa aku keterima kerja di company besar, padahal aku gak pinter banget” Pernahkah kamu mendengar temanmu mengeluh, tetapi justru tersirat pamer di dalamnya? Atau justru…

Makin ke sini, jalan kolaborasi makin diandalkan buat menyelesaikan beragam pekerjaan. Apa-apa kayaknya bakal lebih cepat kalau dikerjakan bareng-bareng. Tapi faktanya, tergabung di dalam sebuah tim nggak melulu efektif buat menyelesaikan suatu pekerjaan, lho! Nggak sedikit orang yang melakukan social loafing, yaitu mengurangi kontribusi dalam suatu tim karena merasa bakal ada anggota tim lain yang…

Kehidupan dunia maya khususnya media sosial sudah seperti punya rodanya tersendiri. Sejumlah isu dan tren bisa dengan mudah merebak lantas mengundang respon dan opini para pengguna. Meski mungkin tak saling kenal, warganet bisa membentuk dan tergabung dalam kubu-kubu untuk menanggapi suatu isu atau tren. Orang bisa berbondong-bondong membela korban kekerasan yang speak up di media…

Pernahkah kamu terlalu asik bermain ponsel, sampai mengabaikan orang-orang yang berada di dekatmu? Bisa jadi kamu melakukan phubbing! Apasih itu phubbing? Yuk simak bareng-bareng! PhubbingPhubbing adalah suatu kondisi dimana seseorang mengabaikan orang-orang di dekat mereka atau lawan bicaranya, karena terlalu sibuk atau asik bermain ponsel. Apabila kebiasaan ini nggak segera dihilangkan, maka dapat memberikan dampak…

Umumnya setiap orang akan sangat merasa kesepian dan terisolasi di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini. Apakah kamu juga mengalaminya? Kalau iya, social bubble bisa jadi penyelamatmu dari rasa kesepian dan terisolasi.  Apasih itu social bubble? Memangnya aman apabila dilakukan di masa pandemi seperti saat ini? Yuk simak bareng-bareng! Social BubbleSocial bubble adalah…

Bak takut ketinggalan kereta, banyak orang mengalami rasa cemas dan terpikir terus-menerus akan suatu hal yang mungkin mereka lewatkan. Katakanlah kamu memilih tidak datang ke sebuah acara perayaan yang tampak menyenangkan karena memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Kemudian, sambil mengerjakan pekerjaan itu, terpikir olehmu tentang akan seberapa menyenangkannya acara perayaan itu, akan sebanyak apa momen…

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, sulitnya mengkomunikasikan perasaan dan pendapat secara asertif adalah bagian dari akibat yang ditimbulkan oleh ketakutan akan penilaian orang lain. Ada suatu aturan tak tertulis bahwa untuk bisa diterima terlebih disukai oleh masyarakat, kamu harus mampu bersikap baik dan memenuhi apa yang mereka ekspektasikan. Alhasil, banyak di antara orang-orang yang terjebak…

Pernahkah kamu memiliki teman yang nggak suka, saat melihat dirimu berhasil mencapai sesuatu? Bisa jadi temanmu mempunyai sikap crab mentality!  Apa sih itu crab mentality? Yuk kita bahas bareng-bareng! Crab MentalityCrab mentality adalah suatu istilah untuk menggambarkan bagaimana sikap seseorang yang menghalangi keberhasilan orang lain atau bahkan orang terdekatnya. Crab mentality adalah mentalitas yang dapat…