Bila ditanya apakah kamu bahagia dengan apa yang kamu lakukan di hidupmu saat ini, kira-kira jawaban apa yang akan kamu berikan? Atau justru, meski merasa senang dan serba cukup, kamu masih sering kali merasa hampa dan tidak benar-benar bahagia? Tidak sedikit orang yang percaya bahwa hidup hanya perlu dijalani semerta-merta layaknya air yang mengalir—mengikuti ke…

Sudah pernah baca atau intip sekilas tentang teori kepribadian dari Alfred Adler? Sudahkah kamu tahu kalau teori-teori kepribadian yang dipelajari dalam ilmu psikologi juga bisa dijadikan salah satu acuan untuk bersikap dalam kehidupan sehari-hari alih-alih hanya dipelajari di kelas saja? Teori kepribadian merupakan suatu kerangka berpikir untuk dapat membantu menjelaskan, mengerti, dan memprediksi perilaku manusia.…

Ekspektasi:  “Pokoknya besok pagi, gue harus bangun pagi terus olahraga dan produktif”  Kenyataan: “Duh bangun kesiangan mager banget rasanya, jadi gak bisa olahraga dan gak produktif deh hari ini”  Kamu sering mengalami hal tersebut? Kebanyakan ekspektasi tapi ujung-ujungnya gak ada yang terealisasi? Tenang kamu nggak sendiri! Rasa-rasanya setiap dari kita sudah nggak asing dengan yang…

Mungkin kita sering menemukan perbedaan pendapat atau pandangan dengan orang lain atau bahkan dengan orang terdekat? Mulai tentang perbedaan pandangan soal bumi itu bulat atau datar, hingga perbedaan pandangan mengenai per-politik dan agama. Tentu saja hal ini wajar terjadi, dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Karena setiap orang punya karakter dan latar belakang yang berbeda. …

Mungkin kamu pernah melihat orang disekitarmu yang mood atau suasana hatinya sering kali berubah-ubah. Sesaat ia senang tetapi kemudian ia mendadak berubah menjadi sedih, atau jangan-jangan dirimu sendiri yang sedang mengalaminya?  Sebagai seorang manusia sudah sewajarnya kita memiliki mood sebagai respon terhadap kondisi lingkungan yang sedang kita hadapi. Namun apabila mood-mu berubah terlalu sering, bisa…

Sudahkah kamu toleran terhadap dirimu sendiri? Misalnya saja saat ada hal-hal yang nggak kamu inginkan datang dari dirimu, ketika kamu memiliki target untuk bisa mendapatkan nilai 100,  namun ternyata hanya mendapatkan nilai 80.  Apa yang akan kamu  lakukan? Kamu akan membenci dirimu sendiri karena nggak bisa mencapai target, dan menyesal nggak menggunakan waktu sebaik mungkin…

“Kamu udah punya Linkedin?” “Podcast?”  “Content Writing?” “Blogging?” “Sudah manfaatkan media sosial kamu?” Kalau belum, yuk mulai bangun personal branding-mu!  Masih berpikir profesi di masa depan aman dan terjamin? No! Saat ini sudah masuk era media sosial, mulailah untuk tebar kebermanfaatan dirimu. Setiap orang berlomba-lomba untuk membangun personal branding-nya sesuai dengan bidang keahlian dan ketertarikan…

“Nggak apa-apa untuk terlambat belajar” “Kegagalan bukan akhir  dari segalanya, aku harus tetap semangat dan lebih kerja keras” “Kritikan yang membangun darimu, sangat berarti untuk hasil kerjaku” Pernahkah kamu memiliki pemikiran seperti itu? Kamu selalu berusaha untuk bekerja keras dan berusaha menjadi lebih baik. Kamu selalu percaya bakat yang ada didalam dirimu bisa dikembangkan dengan…

  Sudahkah kamu mengenal dirimu sendiri, baik itu kekurangan atau kelebihanmu?  Saat ditanya “apa kelebihan yang kamu punya?” pasti kita akan kebingungan dan merasa kesulitan untuk menjawabnya. Bahkan nggak ada satupun kelebihan yang terpikirkan, karena pikiran kita hanya dipenuhi dengan kekurangan yang kita miliki. Terkadang kita terlalu fokus dengan kekurangan, sampai lupa untuk memikirkan kelebihan…

“Lagi gak mood nih, besok aja deh” “Besok aja deh ngerjainnya, deadline nya masih lama ini” “Nanti aja deh, santai aja dulu  sambil scroll Instagram” “Kalau bisa besok, kenapa harus sekarang?” Kamu termasuk orang yang selalu menunda-nunda tugas atau pekerjaan? Berawal dari nanti saja mengerjakannya nunggu mood dulu, tetapi akhirnya justru pekerjaanmu nggak selesai dan…