Psikologi Berbohong

September 2, 2021 0

Kalau main jujur-jujuran, pernah nggak kamu berbohong? Diajak ketemuan, bilangnya ada kerjaan. Padahal aslinya cuma mager aja. Berbuat salah, tapi nggak mau ngaku dan pura-pura nggak tahu. Manusiawi, sih. Saking manusiawinya, kita kadang berbohong tanpa mikir-mikir dulu. Menurut psikologi, ada penjelasan di balik sebuah kebohongan, lho! Bohong memang udah biasa, tapi kamu mungkin belum aware…

Makin ke sini, jalan kolaborasi makin diandalkan buat menyelesaikan beragam pekerjaan. Apa-apa kayaknya bakal lebih cepat kalau dikerjakan bareng-bareng. Tapi faktanya, tergabung di dalam sebuah tim nggak melulu efektif buat menyelesaikan suatu pekerjaan, lho! Nggak sedikit orang yang melakukan social loafing, yaitu mengurangi kontribusi dalam suatu tim karena merasa bakal ada anggota tim lain yang…

‘Pilihanmu di Antara Lukisan-Lukisan Berikut akan Menggambarkan Kepribadianmu!’, tulis sebuah headline artikel di internet. Pernah ketemu judul artikel kayak gini dan coba-coba ngelihat hasilnya? Apa hasilnya sesuai sama diri kamu? Bisa jadi iya, bisa jadi nggak juga, ya. Tapi kalau iya dan kamu malah jadi ketagihan buat lihat ‘ramalan’ kepribadian yang serupa karena merasa cocok…

Menjadi produktif sehari-harinya nggak selalu memberikan rasa puas. Ada kalanya di mana seproduktif apapun kita hari itu, rasanya masih belum cukup karena belum mencapai ekspektasi. Udah ngerjain ini-itu, masih terasa kurang juga. Apalagi karena pandemi COVID-19 memaksa banyak aktivitas untuk bisa dilakukan dari rumah, ada aja perasaan; seharusnya aku bisa melakukan lebih dari ini karena…

Pernahkah kamu merasa ada orang lain yang selalu mencampuri urusan pribadimu, sampai lewat batas? Nah, sudah waktunya kamu melakukan personal boundaries! Apasih itu personal boundaries?  Yuk simak bareng-bareng! Personal Boundaries Personal boundaries merupakan sebuah batasan, atau aturan yang dibuat seseorang dalam memperbolehkan orang lain untuk berperilaku terhadap mereka, dan bagaimana mereka akan merespons ketika seseorang melewati…

Di antara sekumpulan orang, nyaris bisa dipastikan ada penyuka drama Korea di antaranya. Terutama, genre romansa cinta, salah satu genre yang jago banget digarap dan disuguhkan dalam rupa drama serial oleh Negeri Ginseng ini. Didukung visual sekaligus kemampuan akting para pemeran drama Korea yang nggak kaleng-kaleng, para penonton dibuat kian hanyut saat menontonnya. Nggak sedikit…

Kehidupan dunia maya khususnya media sosial sudah seperti punya rodanya tersendiri. Sejumlah isu dan tren bisa dengan mudah merebak lantas mengundang respon dan opini para pengguna. Meski mungkin tak saling kenal, warganet bisa membentuk dan tergabung dalam kubu-kubu untuk menanggapi suatu isu atau tren. Orang bisa berbondong-bondong membela korban kekerasan yang speak up di media…

Tidak sedikit orang yang punya masalah dengan jam atau kualitas tidur sehari-harinya. Ada yang sulit tidur, terlalu banyak tidur karena selalu merasa mengantuk, atau seakan cukup tidur tapi tidak pernah sepenuhnya nyenyak. Masalah ini diperparah oleh pandemi COVID-19. 90% dari orang yang menjadi korban pada sebuah bencana—yang dalam hal ini, pandemi juga dapat dikategorikan sebagai…

Bak takut ketinggalan kereta, banyak orang mengalami rasa cemas dan terpikir terus-menerus akan suatu hal yang mungkin mereka lewatkan. Katakanlah kamu memilih tidak datang ke sebuah acara perayaan yang tampak menyenangkan karena memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan. Kemudian, sambil mengerjakan pekerjaan itu, terpikir olehmu tentang akan seberapa menyenangkannya acara perayaan itu, akan sebanyak apa momen…

Setiap orang bisa mengalami stres setiap harinya. Dari yang ringan hingga yang terasa begitu berat dan melelahkan sampai rasanya tidak ada ruang untuk bernapas. Rasa lelah teramat sangat, yang bahkan masih tertinggal kala pekerjaan di suatu hari sudah selesai dirampungkan, adalah pertanda bahwa stres yang dialami sudah menyebabkan kelelahan yang bukan lagi sekadar kelelahan fisik.…