Ghosting?Fenomena ini bukanlah hal baru, orang-orang telah lama terlibat dalam hal ini. Berdasarkan survey, ada 50 persen wanita dan pria yang telah mengalami ghosting. Namun, disamping itu hampir 50 persen sisanya mengaku telah menjadi pelaku ghosting atau biasa disebut ghoster. Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita kenali dulu apakah itu ghosting? Ghosting adalah seseorang…

“Kamu terlalu  sensitif” “Masalah gitu doang digedein” “Ah, kamu kebanyakan drama” “Aku gak pernah ngomong gitu” Pernahkah kamu dan pasangan bertengkar? tetapi bukannya meminta maaf, ia justru mengatakan kata-kata yang membuatmu sedih dan membuatmu  jadi meragukan diri sendiri? Contohnya seperti prolog diatas ya gengs. Nah, apa yang pasanganmu katakan padamu itu, termasuk bentuk perilaku gaslighting…

Kamu mungkin pernah memiliki pasangan kencan yang sangat pencumburu, hingga akhirnya kamu merasa terkekang. Selain itu pasanganmu juga sering menunjukkan perilaku arogan, dengan  hal yang dia miliki seperti kecantikan atau ketampanan, kepintaran, atau pun harta yang dimilikinya. Apapun yang ia miliki selalu ingin diakui, haus dengan pujian.  Ia juga memiliki rasa empati yang minim terhadapmu.…

Bucin atau ‘budak cinta’, sebutan yang seringkali digunakan oleh semua kalangan. Tapi kalian tahu nggak sih, sebenarnya makna bucin itu apa? Yuk, kita ulik lebih dalam! Pertama-tama kita bahas dulu makna bucin yang diketahui banyak orang zaman sekarang adalah ketika seseorang (baik perempuan ataupun laki-laki) rela melakukan apa saja demi pasangannya, selalu bersama dengan pasangannya,…

Kita pasti pernah berada difase hubungan percintaan, dimana diri kita merasa bahwa sudah memberikan perhatian yang banyak untuk pasangan. Tetapi pasangan kita justru tidak merasakan kasih sayang yang telah kita berikan. Misalnya, selalu memberikan hadiah kepadanya, tetapi ternyata pasangan kita menganggap yang kamu lakukan itu ialah hal biasa bukan sesuatu yang spesial. Ternyata yang pasangan…

Pelukan memang salah satu cara yang ampuh untuk bikin kita nyaman, aman, dan tenang yaa. Nah membahas soal pelukan, adaloh yang disebut dengan “pelukan psikologis”. Pelukan psikologis? Apa sih maksudnya? Hmmm kayanya lebih enak kalo kita bahas sesuai sama pengalaman pribadi aku yaa. Yuk simak! Jadi selama pandemi ini, aku cuma bisa berkomunikasi sama teman-temanku…

Kita semua pasti dikelilingi oleh orang-orang yang kita sayangi. Namun, ada masanya kita akan menghadapi perpisahan dengan orang-orang tersebut. Mengapa kita merasa sangat kehilangan jika menghadapi perpisahan? Karena pada dasarnya kita memiliki kelekatan dengan figur terdekat kita sejak kecil. Kita terbiasa dekat oleh orang yang kita sayangi, seperti dengan ibu, ayah atau dengan pengasuh kita.…

“Berbuat baiklah pada situasi yang tepat, orang yang tepat” -Intan Savitri Beberapa hari ini saya seperti dibombardir beberapa peristiwa yang mirip, tentang berbuat “baik”. Diantaranya bahkan dialami oleh saya sendiri, saat melihat anak ketiga saya, menghadapi dosennya yang ‘kritis’ tapi bermulut ‘kotor’. Dosennya selalu mengritik tugas desainnya, dan mengatakan ‘dodol!’ padanya, tak sedikitpun mengapresiasi. Lalu,…