Orang bilang, curhat itu cuma bisa dilakukan ke orang terdekat aja. Kalau belum cukup dekat dan saling memahami, rasanya lebih baik nggak perlu. Pertanyaannya, apa benar selalu begitu? Kadang-kadang justru yang sebaliknya yang terjadi; kita lebih pengin curhat sama random stranger daripada sama teman dekat. Barangkali akan ada saat-saat di mana yang kita butuhkan bukan…

Pernah, nggak, merasa jadi makin pelupa lebih daripada sebelumnya? Sama halnya dengan mesin canggih yang lama-kelamaan bisa menurun fungsinya, otak manusia juga demikian. Kalau kamu jadi sering lupa, mungkin gara-gara kurang fokus aja. Tapi, memang ada, lho, gangguan yang bikin kinerja otak dalam berpikir terganggu dan nggak lagi bisa bekerja maksimal, yaitu gangguan kognitif. Yuk,…

Psikologi Berbohong

September 2, 2021 0

Kalau main jujur-jujuran, pernah nggak kamu berbohong? Diajak ketemuan, bilangnya ada kerjaan. Padahal aslinya cuma mager aja. Berbuat salah, tapi nggak mau ngaku dan pura-pura nggak tahu. Manusiawi, sih. Saking manusiawinya, kita kadang berbohong tanpa mikir-mikir dulu. Menurut psikologi, ada penjelasan di balik sebuah kebohongan, lho! Bohong memang udah biasa, tapi kamu mungkin belum aware…

Makin ke sini, jalan kolaborasi makin diandalkan buat menyelesaikan beragam pekerjaan. Apa-apa kayaknya bakal lebih cepat kalau dikerjakan bareng-bareng. Tapi faktanya, tergabung di dalam sebuah tim nggak melulu efektif buat menyelesaikan suatu pekerjaan, lho! Nggak sedikit orang yang melakukan social loafing, yaitu mengurangi kontribusi dalam suatu tim karena merasa bakal ada anggota tim lain yang…

‘Pilihanmu di Antara Lukisan-Lukisan Berikut akan Menggambarkan Kepribadianmu!’, tulis sebuah headline artikel di internet. Pernah ketemu judul artikel kayak gini dan coba-coba ngelihat hasilnya? Apa hasilnya sesuai sama diri kamu? Bisa jadi iya, bisa jadi nggak juga, ya. Tapi kalau iya dan kamu malah jadi ketagihan buat lihat ‘ramalan’ kepribadian yang serupa karena merasa cocok…

Menjadi produktif sehari-harinya nggak selalu memberikan rasa puas. Ada kalanya di mana seproduktif apapun kita hari itu, rasanya masih belum cukup karena belum mencapai ekspektasi. Udah ngerjain ini-itu, masih terasa kurang juga. Apalagi karena pandemi COVID-19 memaksa banyak aktivitas untuk bisa dilakukan dari rumah, ada aja perasaan; seharusnya aku bisa melakukan lebih dari ini karena…

Di antara sekumpulan orang, nyaris bisa dipastikan ada penyuka drama Korea di antaranya. Terutama, genre romansa cinta, salah satu genre yang jago banget digarap dan disuguhkan dalam rupa drama serial oleh Negeri Ginseng ini. Didukung visual sekaligus kemampuan akting para pemeran drama Korea yang nggak kaleng-kaleng, para penonton dibuat kian hanyut saat menontonnya. Nggak sedikit…

Kehidupan dunia maya khususnya media sosial sudah seperti punya rodanya tersendiri. Sejumlah isu dan tren bisa dengan mudah merebak lantas mengundang respon dan opini para pengguna. Meski mungkin tak saling kenal, warganet bisa membentuk dan tergabung dalam kubu-kubu untuk menanggapi suatu isu atau tren. Orang bisa berbondong-bondong membela korban kekerasan yang speak up di media…

Bukan hal aneh melihat penggemar begitu berdedikasi untuk idolanya, dari mulai berkorban waktu, materi, hingga mungkin perasaan. Sayangnya, ada juga penggemar yang sampai terobsesi dengan sosok sang idola. Cukup banyak ditemukan kasus di mana penggemar bisa mengikuti kemanapun idolanya pergi, tidak suka idolanya bersanding dengan orang lain, merasa tidak bisa hidup tanpa sang idola, atau…