Sudahkah kalian mengenal keempat gaya dasar komunikasi? Jika belum, yuk kita bahas satu per satu! KOMUNIKASI PASIF adalah ketika individu mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri dan cenderung menyerah kepada orang lain. Kegagalannya untuk mengungkapkan diri dan emosi sering kali menyebabkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi dan menumpuknya kemarahan atau kebencian didalam diri individu. Individu yang menggunakan komunikasi…

Ghosting?Fenomena ini bukanlah hal baru, orang-orang telah lama terlibat dalam hal ini. Berdasarkan survey, ada 50 persen wanita dan pria yang telah mengalami ghosting. Namun, disamping itu hampir 50 persen sisanya mengaku telah menjadi pelaku ghosting atau biasa disebut ghoster. Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita kenali dulu apakah itu ghosting? Ghosting adalah seseorang…

Pernahkah kamu mendengar istilah inner child? Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami kejadian yang menyakitkan dimasa anak-anak yang membuat kita trauma hingga menjadi luka batin, dan tentu saja hal itu akan terbawa  hingga saat ini ketika kita sudah dewasa. Loh ko bisa terbawa hingga kita dewasa, kan kejadiannya di masa anak-anak? Yupss,,, karena setiap pengalaman…

Cinta

November 13, 2020 0

Tahukah kamu ternyata membentuk cinta juga ada resep rahasianya loh! Kalau diibaratkan seperti resep makanan, cinta bisa diolah menjadi 8 hidangan yang berbeda.Kalian mau tau kan resepnya apa? Tenang aja karena kita akan membahasnya hari ini!Sebelumnya, yuk kita bahas tentang tiga komponen utama yang membentuk cinta!Apa saja sih komponen-komponen Cinta?Menurut Sternberg, konsep cinta berbentuk segitiga…

“Kamu terlalu  sensitif” “Masalah gitu doang digedein” “Ah, kamu kebanyakan drama” “Aku gak pernah ngomong gitu” Pernahkah kamu dan pasangan bertengkar? tetapi bukannya meminta maaf, ia justru mengatakan kata-kata yang membuatmu sedih dan membuatmu  jadi meragukan diri sendiri? Contohnya seperti prolog diatas ya gengs. Nah, apa yang pasanganmu katakan padamu itu, termasuk bentuk perilaku gaslighting…

Siapa yang tidak membenci konflik? Terutama bila itu melibatkan orang dewasa yang penting dalam hidup kita. Ketika orang tua bertengkar sengit, sering kali hal itu menakutkan dan dapat pergi dengan perasaan tidak tenang. Oleh karena itu, setiap kali kamu bertengkar di depan anak-anakmu, sangat penting bahwa setelah semuanya beres, kamu meluangkan waktu untuk berbicara dengan…

“Kalo pakai baju yang ini aku cantikkan?” “Masakan aku enak enggak?” “Pacar baru ku ganteng kan daripada yang kemarin?” “Gimana? baguskan?” Pernah gak sih kamu dimintai pendapat oleh teman atau pasanganmu seperti monolog diatas?tetapi kamu bingung kalau  harus jawab jujur, karena takut menyakiti perasaannya. Akhirnya kamu terpaksa berbohong demi kebaikan,  agar  tetap menjaga perasaannya. Nah…